LAPORAN AKHIR PERCOBAAN 2




PERCOBAAN 4
Keypad dan LCD

1. Prosedur
[Kembali]

 1. Rangkai komponen sesuai percobaan dan kondisi yang dipilih.

2. Buat program menggunakan Arduino IDE.

3. Compile program yang telah dibuat lalu Upload ke dalam Arduino Uno.

4. Uji coba program pada rangkaian percobaan sesuai dengan kondisi yang diinginkan.

5. Selesai

2. Hardware dan Diagram Blok [Kembali]

Hardware:

                                         


Blok Diagram :



3. Rangkaian Simulasi dan Prinsip Kerja [Kembali]

Rangkaian Simulasi :



Prinsip Kerja :

Pada rangkaian percobaan digunakan beberapa komponen, yaitu keypad yang berfungsi sebagai input dan dihubungkan dengan pin 9, 8, 7,6 untuk baris dan pin 5, 4, 3, 2 untuk kolom. selain itu juga digunakan arduino uno sebagai controller, serta LCD 16x2 sebagai output yang dihubungkan dengan pin A2- A5 arduino dan pada LCD dihubungkan pada pin D4- D7, serta pin A0 dan A1 dihungkan pada pin RS dan E pada LCD. Ketika salah satu tombol keypad ditekan, seperti tombol 1, maka pin arduino yang untuk baris 1 dan kolom 1 akan berlogika high, sehingga kemudian arduino akan memberikan perintah output pada LCD untuk menampilkan angka 1.

4. Flowchart dan Listing Program [Kembali]

Flowchart :



Listing Program :


// Include the Keypad library
#include <Keypad.h>
#include <LiquidCrystal.h>
// Constants for row and column sizes
const byte ROWS = 4;
const byte COLS = 4;
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
// Array to represent keys on keypad
char hexaKeys[ROWS][COLS] = {
 {'1', '2', '3', 'A'},
 {'4', '5', '6', 'B'},
 {'7', '8', '9', 'C'},
 {'*', '0', '#', 'D'}
};
// Connections to Arduino
byte rowPins[ROWS] = {9, 8, 7, 6};
byte colPins[COLS] = {5, 4, 3, 2};
// Create keypad object
Keypad customKeypad = Keypad(makeKeymap(hexaKeys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);
void setup() {
 // Setup serial monitor
 Serial.begin(9600);
 lcd.begin(16, 2);
}
void loop() {
 // Get key value if pressed
 char customKey = customKeypad.getKey();
 if (customKey) {
 // Print key value to serial monitor
 lcd.setCursor(0, 0);
 lcd.print("Tombol :");
 lcd.print(customKey);
 }
}


5. Kondisi [Kembali]

Percobaan 4 Pada Modul 1

6. Video Demo [Kembali]]





7. Download File [Kembali]

HTML                   klik disini
Video Percobaan    klik disini
Listing Program     klik disini
datasheet arudino   klik disini
Datasheet Button   klik disini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MODUL 4 PRATIKUM uP dan uC

[KEMBALI KE MENU SEBELUMNYA] DAFTAR ISI     1. Pendahuluan     2. Tujuan     3. Alat dan Bahan     4. Dasar Teori     5. Percob...